Bagikan informasi bermanfaat dan wawasan positif walau secuil

Besarnya Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan jeruk nipis??? pada umumnya kebanyakan masyarakat menggunakan buah mungil bercita rasa asam ini untuk pelengkap makanan seperti soto atau campuran minuman yang dapat memberikan rasa segar. Namun tahukah anda manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sangatlah besar. Tak heran jika dalam resep-resep tradisional, jeruk nipis sering kali digunakan sebagai bahan utama, tak hanya resep tradisional, ekstrak jeruk nipis yang kaya kandungan vitamin ini juga digunakan sebagai bahan campuran obat-obat modern yang beredar luas di masyarakat. Apa saja khasiat dari jeruk nipis untuk kesehatan??

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Buah-buahan memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan, selain sebagai sumber vitamin alami, buah-buahan juga dapat menjaga kekebalan tubuh. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang sangat kaya kandungan vitamin C. Dalam satu buah jeruk nipis terdapat 50 miligram vitamin C, sehingga cukup mengkonsumsi 2 buah jeruk nipis untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda dalam satu hari. Selain itu dalam buah jeruk nipis juga kaya akan mineral, seperti fosfor, besi, kalsium, tembaga, dan kandungan lain yang sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh. Flavonoid dan asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis juga dapat menjaga pencernaan.

Selain untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit, jeruk nipis juga berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit, yang diantaranya dapat mencegah penyakit diabetes dengan adanya serat larut yang berfungsi sebagai pengatur kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah, meredakan peradangan pada pembuluh darah yang dapat berdampak pada penyakit jantung, serta dapat mengontrol kadar kolesterol jahat. Sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara teratur dan dalam porsi yang tepat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi fungsi mata akibat penuaan. Selain itu vitamin C ini juga dapat menjadi pertolongan pertama saat demam, karena dapat menurunkan suhu tubuh secara alami.

Manfaat dari kandungan jeruk nipis untuk kesehatan juga terbukti dapat mencegah kekambuhan pasca operasi batu ginjal, selain itu jeruk nipis juga sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk yang disertai influenza, mencegah dan meredakan batu ginjal, difteri, dan radang tenggorokan. Selain itu dengan mengkonsumsi jeruk nipis dengan madu juga terbukti dapat melancarkan haid. Bahkan kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung dalam buah jeruk nipis dapat berfungsi memperbaiki daya tahan tubuh, selain itu juga dapat menjadi antioksidan alami yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bahkan bagi anda yang sangat menjaga kesehatan kulit wajah dan kecantikan, vitamin c yang terdapat dalam buah jeruk nipis ini juga dapat membentuk kolagen secara alami dalam tubuh, sehingga membantu meremajakan kulit, sehingga membuat anda tampak lebih muda.

Bagaimana, manfaat dari buah jeruk nipis sangat beragam bukan?? Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis ini, anda dapat mengkonsumsinya secara rutin, baik mengkonsumsi perasan buah jeruk secara langsung, menyeduhnya dengan air hangat maupun mencampurkan perasan jeruk nipis dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti madu maupun teh hijau. Untuk sehari-hari anda juga dapat menggunakannya sebagai bahan campuran makanan atau minuman. Itulah Info Kesehatan terkait beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Besarnya Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

0 comments:

Posting Komentar