Bagikan informasi bermanfaat dan wawasan positif walau secuil

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Dan Juga Kecantikan

Temulawak adalah salah satu tanaman obat yang banyak ditemui di Pulau Jawa. Temulawak memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza yang memiliki banyak sekali khasiatnya. Manfaat temulawak banyak digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan, sehingga tumbuhan ini tidak hanya bisa ditemukan di Pulah Jawa saja, tetapi hampir di daerah di beberapa negara.

manfaat temulawak


Temulawak memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat di antaranya adalah kurkumin, turmerok. Fellandrean, minyak atsiri, folutmetik karbinol, kamfer, dan glukosida. Kandunga kurkumin pada temulawak banyak digunakan oleh para produsen obat sebagai vitamin penambah nafsu makan untuk anak. Banyak ditemui vitamin seperti ini dalam bentuk cair dengan dibuat varian rasa seperti rasa jeruk agar anak-anak suka.

Ada banyak manfaat temulawak untuk kesehatan. Seperti dapat mengobati sakit ginjal, asma, menurunkan kolestorel dalam darah, hepatitis, wasir, dan diare. Sedangkan untuk kecantikan, manfaat dari temulawak bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bila Anda mengidap sakit ginjal, temulawak bisa mengatasinya dengan cara 2 rimpang temulawak diiris tipis-tipis lalu direbus bersama dengan daun kumis kucing, dan kacabeling, dan satu liter. Masing-masing daun sebanyak satu genggam. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum tiga kali sehari. Maka sakit ginjal Anda bisa teratasi.

Asma juga bisa diatasi dengan temulawak. Caranya adalah 1 ½ rimpang temulawak diiris tipis lalu dijemur hingga kering. Lalu rebus bersama gula aren sebanyak satu potong dan juga lima gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa sekitar tiga gelas air.

Saring, dan minum setiap hari secara teratur. Selain itu manfaat temulawak juga bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Temulawak yang masih segar dikupas lalu diparut. Setelah itu tambah ¾ cangkir air panas dan biarkan sampai mengendap. Dinginkan dan buang endapannya. Lalu minum airnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal manfaat dari temulawak, minum ramuan ini setiap hari.

Manfaat temulawak selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit diare. Temulawak dipotong menjadi setengah lalu cuci hingga bersih. Panggang di atas api sampai hangus. Lalu giling temulawak hingga halus dan seduh dengan air panas sebanyak setengah cangkir.

Bisa ditambah dengan madu secukupnya dan aduk hingga rata lalu minum. Agar sembuh, minum 2 kali sehari secara teratur. Wasir juga bisa disembuhkan dengan temulawak. Bahan-bahan yang perlu disediakan antara lain adalah temulawak, kelembak sebanyak ¾ jari, pegagan sebanyak 1 genggam, daun saga sebanyak satu genggam, dan juga gulau enau sebesar 3 jari.

Cuci semua bahan tersebut lalu potong-potong sesuai ukuran. Setelah itu rebus semua bahan tersebut dengan air sebanyak 5 gelas. Rebus hingga tersisa separuh. Lalu dinginkan, dan saring. Minum air rebusan tersebut sehari 3 kali setiap hari.

Sedangkan untuk sakit hepatitis, bahan yang diperlukan antara lain adalah temulawak segar sebesar 2 jari, madu secukupnya, dan air sebanyak setengah cangkir. Temulawak yang sduah dikupas lalu diparut. Setelah itu direbus. Masukkan madu dan aduk sampai rata. Biarkan mengendap, lalu minum. Minum air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari hingga sembuh.

Tidak hanya untuk kesehatan saja, manfaat temulawak juga bisa untuk kecantikan, yaitu untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Temulawak yang sudah dicuci bersih, dipotong tipis-tipis. Rebus dengan air sebanyak empat gelas dan juga madu secukupnya. Lalu setelah mendidih dan air tinggal kira-kira dua gelas, didinginkan dan tambahkan madu. Saring, lalu minum. Minum ramuan ini 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Dan Juga Kecantikan

0 comments:

Posting Komentar