Bagikan informasi bermanfaat dan wawasan positif walau secuil

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes atau penyakit gula harus menjalani diet khusus. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes namun ada pula makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan untuk penderita diabetes umumnya menghindari yang banyak mengandung kadar gula. Pasalnya penyakit ini timbul karena kadar gula dalam darah berlebihan. Pada umumnya makanan yang wajib di konsumsi oleh penderita diabetes adalah makanan yang mampu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan insulin serta menghambat penyerapan karbohidrat di dalam tubuh.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang banyak di derita oleh manusia. Di dunia ini ada 380 juta orang yang menderita penyakit diabetes. Dan jumlah ini selalu naik tiap tahunnya. Pada umumnya tipe diabetes yang dikenal adalah diabetes melitus, namun ada beberapa tipe dari diabetes melitus sendiri. Diabetes melitus tipe 1 merupakan penyakit diabetes dengan jaringan lemak dan otot yang menyerap glukosa dalam darah. Jika kadar gula dalam darah tinggi akan menyebabkan berbagai macam masalah seperti mudah lapar, mudah haus sehingga menimbulkan kegemukan, buang air kecil meningkat serta menyebabkan berbagai masalah lain seperti gagal ginjal, gangguan ginjal, kerusakan penglihatan dan lain lain. ada sebanyak 10 persen orang mengidap diabetes melitus tipe 1
Selain diabetes melitus tipe I, tipe diabetes lainnya adalah diabetes melitus tipe II.

Jenis penyakit diabetes melitus ini akan menyerang hormon insulin dalam tubuh. Gejalanya hampir sama dengan diabetes melitus tipe I. Karena tubuh tidak bisa memanfaatkan insulin yang ada sehingga kadar gula dalam darah naik ataupun turun. Kadar gula dalam darah yang tidak sesuai standar bisa membahayakan bagi kesehatan. Penderita diabetes umumnya melakukan diet untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Makanan diet penderita diabetes ini yang dijaga sehingga tidak merusak produksi insulin dan kadar gula dalam darah.

Jenis Makanan untuk penderita diabetes

Ada beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan oleh para dokter. Jenis makanan ini meliputi sayuran dan buah buahan selain itu adapula semacam coklat hitam dan tanaman lainnya. sayur sayuran yang mengandung antioksidan yang tinggi namun rendah kalori dan karbohidrat sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Beberapa jenis sayuran seperti bayam, selada, brokoli dan kale juga sangat baik untuk penderita diabetes. Penelitian melaporkan bahwa ada penurunan resiko dari diabetes tipe 2 hingga 14 persen ketika sayur sayuran hijau menjadi menu diet penderita diabetes.

Simak Juga : Manfaat Buah Pisang Untuk kesehatan

Makanan menu diet penderita diabetes lainnya yang bisa dikonsumsi antara lain kacang-kacangan yang mengandung banyak serat. Kacang-kacangan mampu mengelola dan menyerap glukosa. Penelitian menyebutkan bahwa kacang-kacangan mampu mengatur keadaan insulin di dalam tubuh. Selain itu kacang almond juga sangat baik untuk penderita diabetes. Kacang almond memiliki lemak monounsaturated yang penting dalam mengatur karbohidrat. Pada diet yang tinggi magnesium dengan mengkonsumsi almond bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Makanan untuk penderita diabetes lainnya yang bagus untuk kesehatannya adalah ubi jalar. Ubi jalar memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar A1C hingga 0,5 persen di dalam tubuh. Kandungan anthocyanin dan anti oksidanya juga membantu mencegah penyakit yang kronis seperti jantung koroner dan kanker. Penyakit penyakit tersebut merupakan penyakit yang timbul akibat menderita diabetes. Selain ubi jalar oatmel juga baik untuk penderita diabetes. Oatmel banyak mengandung serat sehingga mengurangi rasa lapar, selain itu oatmel juga mampu menyerap karbohidrat sehingga bisa menekan kadar gula dalam darah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

0 comments:

Posting Komentar